Tips Menghindari Kebakaran disaat liburan

Tips Menghindari Kebakaran disaat liburan

Tips Menghindari Kebakaran disaat liburan

Seperti yang kita ketahui, Frekuensi kejadian kebakaran setiap tahun pada akhir bulan Ramadan dan pasca Hari Raya Idul Fitri cenderung tinggi, dikarenakan kebiasaan warga Jakarta khususnya yang melakukan tradisi mudik ke kampung halaman dan kurang teliti memeriksa kondisi aliran listrik rumah yang ditinggalkan.

Dalam kurun waktu 5 tahun tahun terakhir, data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta menunjukkan angka kebakaran yang signifikan di saat Lebaran, terutama di area pemukiman. Hingga pertengahan Juli 2013, telah terjadi 486 kebakaran dan 203 di antaranya terjadi di perumahan. Dan dalam waktu singkat, musibah ini memakan korban hingga lebih dari 10.000 jiwa.

”Angka ini terus meningkat karena kurangnya kesiapan pencegahan dini oleh anggota masyarakat, padahal kewaspadaan tersebut merupakan kunci utama menghidari risiko bahaya kebakaran, terutama saat Lebaran,” kata Subejo, SH, Msi.,
Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, dalam sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebelum tindakan pencegahan dan penanggulangan, masyarakat juga harus mengetahui jenis-jenis kebakaran yang mungkin terjadi. Kebakaran Kelas A adalah kebakaran yang disebabakan oleh benda-benda padat, seeprti kertas, kayu, plastik dan sebagainya.

Kebakaran Kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda cair yang mudah terbakar seperti bahan bakar, sementara sementara kebakaran Kelas C disebabkan oleh listrik.

“Informasi ini penting untuk menentukan cara pemadaman yang tepat, misalnya untuk kebakaran Kelas B yang tidak disarankan menggunakan air, karena berat jenis cairan lebih rendah dibandingkan air. Cairan akan berada dfi ats permukaan air, akibatnya kebakaran akan merembet kemana-mana,” jelas Andre Adrian, Business Area Manager Fire Products Gunnebo Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Minimnya pemahaman akan persiapan menghadapi bahaya kebakaran menjadi isu di kalangan masyarakat, karena jika percikan awal api tidak segera ditangani, maka akan fatal akibatnya.

Sumber: alatpemadamkebakaran.co

Thats the brief for Tips Menghindari Kebakaran disaat liburan. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us