Langkah Darurat Memadamkan Api

Langkah Darurat Memadamkan Api

Langkah Darurat Memadamkan Api

Tren kejadian bencana kebakaran selalu meningkat tahun demi tahun. Hal ini disebabkan karena semakin bertambahnya jumlah permukiman, sehingga kemungkinan kecerobohan manusia juga meningkat. Penyebab terjadi kebakaran masih dalam ruang lingkup yang sama yaitu  dari korsleting listrik hingga kecerobohan manusia terhadap puntung rokok yang terjatuh sembarangan atau minimnya pengawasan anak yang mengakibatkan kebakaran. Berikut ini beberapa tips memadamkan kebakaran berdasarkan klasifikasi kebakaran tersebut secara darurat :

1. Kebakaran karena tabung gas elpiji
Kebakaran pada tabung gas bisa berdampak sangat buruk. untuk itu, kita harus mengetahui indikasi terjadinya kebocoran pada tabung gas dan juga kita juga harus mengetahui langkah apa yang harus dilakukan bila menemukan tabung gas yang bocor agar kita dapat mencegah terjadinya kebakaran akibat tabung gas LPJ yang bocor.

Ciri-ciri  adanya KEBOCORAN pada tabung gas LPG
1. Tercium bau gas ELPIJI yang menyengat
2. Terdapat embunan pada tabung ELPIJI biasanya ada disekitar sambungan pengelasan tabung, neck ring (leher regulator tabung), valve (regulator) maupun sambungan pada footring (kaki tabung
3. Terdapat bunyi mendesis pada regulator
Langkah-langkah yang harus di lakukan bila menemukan tabung gas LPG yang bocor
a) Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan ditempat terbuka
b) JANGAN MENYALAKAN API ATAU MENGHIDUPKAN LISTRIK
4. Bawa tabung gas ELPIJI tersebut ke Agen atau penjual gas elpiji.

2.Kebakaran Akibat Listrik

korsleting istrik juga merupakan penyebab api kebakaran yang paling sering terjadi di Indonesia, kebakaran akibat listrik bisa terjadi akibat hubungan arus pendek atau meledaknya sekring .
cara darurat memadamkannya yaitu segera cabut sekering listrik dan jatuhkan breaker (stop kontak) Setelah sekering dicabut, padamkan kebakaran tersebut dengan alat pemadam api.
Untuk kasus ini Anda harus berhati-hati jika memadamkan dengan air karena jika Anda memadamkannya dengan air , potensi Anda tersetrum sangat tinggi jadi disarankan gunakan alat pemadam api atau paling tidak karung goni dan segera lemparkan pada sumber api

3.Kebakaran Tempat Penggorengan/Wajan

Kebakaran pada wajan juga pernah terjadi di Indonesia, ibu rumah tangga seringkali ceroboh menyenggol wajan atau tidak sengaja terjatuh.
cara memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini adalah ambil tutup panci atau baskom, lalu tutupkan ke wajan yang terbakar tersebut. jika langkah pertama api belum padam, ambil goni/kain basah lalu selubungkan ke wajan tersebut.
PERINGATAN : Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan air karena air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini menyebabkan api bisa menjalar ke tempat lain dengan mudah

4.Anak Terbakar Akibat Main Api

Tidak sedikit peristiwa kebakaran terjadi karena minimnya pengawasan Anak yang di biarkan bermain api di lokasi yang rawan terjadi kebakaran.
Hal yang harus Anda lakukan jangan panik, segeralah ambil selimut atau handuk lalu selimutkan/selubungkan kepada anak tersebut, segera lakukan pengobatan dasar dan telpon rumah sakit terdekat.

5.Sepeda Motor Terbakar

Tahun lalu terjadi kebakaran besar yang menghanguskan 3 buah rumah akibat sepeda motor yang di letakan dalam rumah terbakar.
jika hal ini terjadi Anda harus segera menelpon pemadam kebakaran dan secepat mungkin lakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), jika tidak punya segera ambil karung goni dan basahkan dengan air lalu selubungkan pada sepeda motor yang terbakar tersebut.

6. Kasur Terbakar

Kebakaran jenis ini sering terjadi karena penyebab obat nyamuk bakar yang terjatuh dan mengenai kasur, atau puntung rokok yang diletakkan di samping kasur.
cara darurat melakukan pemadam api pada kejadian ini adalah segera siram dengan air dan segera bawa kasur tersebut ke luar rumah.

7. Kebakaran pada lampu  Petromak.

Untuk pedesaan  lampu petromak masih sering digunakan sebagai alat penerangan rumah dan untuk kota biasanya lampu petromak digunakan jika terjadi pemadaman listrik .
Namun potensi kebakaran jika menggunakan lampu petromak juga tinggi karena lokasi yang ditempel di dinding yang menyebabkan api dapat dengan mudah menjalar ke atap dan membakar seluruh isi rumah.
jika memungkinkan , segera turunkan lampu petromax tersebut dan tutup dengan goni basah atau padamkan dengan alat-alat pemadam api kebakaran, sekali lagi jangan gunakan air bila Anda berhadapan dengan kebakaran yang diakibarkan bahan cair seperti minyak.
Jika tidak memiliki karung goni Anda bisa gunakan lap basah yang tebal untuk memadamkan api tersebut.
Kebakaran memang bisa terjadi kapan saja, namun kita dapat mencegah kebakaran tersebut bertambah besar jika mengetahui cara basic menggunakan alat pemadam api.

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们