Peralatan Pemadam Kebakaran

Peralatan Pemadam Kebakaran

Peralatan Pemadam Kebakaran

Peralatan pemadam kebakaran merupakan peralatan yang sangat penting oleh tim fire brigade atau petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran pada zona kebakaran.

Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu dari peralatan pemadam kebakaran adalah tabung pemadam api yang bisa kita lihat di gedung perkantoran, rumah sakit, institusi akademis, mall, hotel, apartemen, dan lain-lain.

Jenis peralatan pemadam kebakaran bermacam-macam dengan fungsi yang beragam.

Peralatan pemadam kebakaran memiliki ciri khusus sebagai sinyal penanda yaitu dengan warna yang cerah, pada umumnya berwarna merah cerah (bright red).

Lalu, apa saja peralatan pemadam kebakaran yang digunakan tim pemadam kebakaran?

Peralatan Pemadam Kebakaran Darurat Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Salah satu peralatan pemadam kebakaran ini digunakan untuk memadamkan titik api yang masih dapat diatasi atau tergolong berukuran kecil hingga sedang.

Alat ini memiliki beberapa ukuran dari 1 kg-9 kg untuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Sedangkan untuk Alat Pemadam Api Berat (APAB) ukurannya dari 20 kg-120 kg. Untuk APAB biasanya menggunakan trolley untuk mobilitasnya.

Cek spesifikasi dan info lengkap alat pemadam api di sini.

Peralatan Pemadam Kebakaran untuk Instalasi Fire Hydrant

Instalasi fire hydrant memerlukan peralatan pemadam kebakaran tambahan yang mendukung mobilitas pada saat memadamkan api.

Instalasi fire hydrant berupa jaringan distribusi air dari ground tank yang dipompa oleh rangakaian pompa hydrant, kemudian diteruskan ke jaringan perpipaan sampai ke output berupa hydrant pillar.

Ketika sampai di hydrant pillar, petugas pemadam kebakaran memerlukan beberapa peralatan pemadam kebakaran yang sangat berperan penting dalam upaya pemadaman.

Berikut beberapa peralatan pemadam kebakaran yang diperlukan:

1. Nozzle (nozzle jet , nozzle spray, nozzle variable)

Nozzle ini digunakan untuk mengarahakan air yang bertekanan tinggi ke sumber titik api/kebakaran. Nozzle sebagai peralatan pemadam kebakaran yang paling depan ketika memadamkan kebakaran.

2. Fire hose (selang pemadam kebakaran/api)

Fire hose ini digunakan untuk mendistribusikan air dari hydrant pillar untuk memadamkan api/kebakaran.

Jenis selang pemadam kebakaran ada 3 di Indonesia yaitu EPDM, red rubber, dan canvass yang mampu mendisitribusikan air bertekanan dari instalasi hydrant hingga 17 bar. Fire hose juga memiliki panjang yang bervariasi, umumnya 20-30 meter untuk standar Indonesia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan proteksi.

Cek spesifikasi dan info lengkap fire hose di sini.

3. Coupling fire hose (penghubung selang pemadam kebakaran)

Alat ini merupakan peralatan pemadam kebakaran yang digunakan untuk menyambungkan fire hose yang satu dengan fire hose yang lain ketika panjang fire hose yang digunakan tidak mencapai ke sumber kebakaran.

Baca info lengkap fire hose coupling di sini.

4. Hydrant Valve & Siamese Connection

Hydrant valve digunakan untuk mengatur tekanan air yang keluar dari hydrant pillar. Sedangkan untuk siamese connection digunakan untuk menggandakan tempat keluarnya air dari hydrant pillar.

5. Fire Hydrant Pillar & Water Monitor

Fire hydrant pillar digunakan sebagai pintu gerbang utama yang mengalirkan air dari tandon air dengan bantuan fire fighting pump (pompa pemadam kebakaran).

Sedangkan water monitor bisa langsung digunakan dan diarahkan di titik kebakaran.

6. Box Alat Pemadam api

Box alat pemadam api ini digunakan untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran sehingga ketika terjadi kebakaran mudah mengetahui posisi peralatan pemadam kebakaran yang akan digunakan.

Peralatan Pemadam Kebakaran untuk Petugas Pemadam

Fire Helmet, Fireman Cloting, & Mask Respirator

Ketiga alat ini sangat dibutuhkan fire brigade untuk menjaga keselamatan tim ketika memadam kebakaran.

Fire helmet digunakan untuk menjaga kepala ketika terjadi runtuhan bangunan dan mengurangi panas dari api.

Kemudian untuk fire cloting digunakan untuk mengurangi panas dari jilatan api.

Sedangkan mask respirator digunakan untuk melindungi fire brigade dari paparan gas berbahaya yang dapat terhirup. Contohnya: debu, asap, uap, atau gas ketika terjadi kebakaran.

Peralatan Pemadam Kebakaran Dirancang Otomatis

Ada pun peratalan pemadam kebakaran yang dirancang otomatis ketika terjadi kebakaran pada ruangan yaitu dengan menggunakan sprinkler system.

Sprinkler system ini memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Dry pipe system
  • Wet pipe system
  • Deluge system
  • Preaction system
  • Combined dry pipe-preaction

Pada umumnya cara kerja sprinkler system ini sama ketika ada kebakaran di zona kebakaran dan mencapai 68ºC. Air akan keluar dari kepala sprinkler kemudian memadamkan zona yang terbakar.

Setelah kita membahas mengenai peralatan pemadam kebakaran diharapkan kita lebih tahu pentingnya mengetahui alat-alat yang perlu digunakan untuk memadamkan kebakaran.

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们