Pentingnya Instalasi Fire Hydrant dan Asuransi

Pentingnya Instalasi Fire Hydrant dan Asuransi

Pentingnya Instalasi Fire Hydrant dan Asuransi

Belakangan ini, khususnya di daerah DKI Jakarta banyak sekali terjadi kebakaran yang menghanguskan mulai dari Mobil, hingga Rumah. disisi lain tentu perlunya instalasi Fire Hydrant untuk mempermudah petugas kebakaran memadamkan api, dan mencegah meluasnya kebakaran yang mengakibatkan kerugian materiil lebih banyak. Disinilah pentingnya instalasi Fire Hydrant dan Asuransi untuk mengcover segala kekhawatiran bagi masyarakat yang tinggal di kawasan padat penduduk.

Instalasi pompa hydrant dalam sistem pemadam kebakaran menjadi informasi yang menarik untuk disimak. Hal itu dikarenakan proses memadamkan sebuah kebakaran tidak boleh sembarangan. Baik api maupun lingkupnya masih kecil maupun sudah membesar tidak boleh disepelekan penangannya. Salah sedikit saja atau ada sesuatu yang kurang benar dalam proses memadamkannya, bisa berakibat fatal. Korban jiwa manusia dan harta benda dapat diminimalisir bila didukung oleh peralataan yang berkualitas terbaik dan berfungsi maksimal. Oleh karena itu, harus diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan dari instalasi peralatan yang digunakan dalam sistem fire hydrant.

Perlu Anda ketahui bahwa di sebuah instalasi pompa hydrant pemadam kebakaran terdiri atas berbagai komponen dan alat. Tiap komponen tentu memiliki fungsi masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Selanjutnya, tiap komponen tersebut dirangkai atau dipasang dengan sebaik-baiknya. Hanya seseorang yang profesional dan berpengalaman di bidang ini saja mampu melakukannya. Semua peralatan yang dibutuhkan dalam penanganan pemadaman kebakaran secara menyeluruh harus berstandar internasional dan memenuhi standar keamanan sekaligus keselamatan yang telah ditentukan.

Apa saja peralatan standar dalam sistem fire hydrant?

Dalam membangun sebuah sistem fire hydrant yang nantinya difungsikan untuk pemadaman kebakaran, harus disiapkan terlebih dulu alat-alat pendukungnya yang vital atau penting. Tanpa adanya satu alat saja, sistem tidak bisa berjalan dan malahan membuat kerusakan pada peralatan lainnya. Beberapa peralatan dalam instalasi pompa hydrant, antara lain sebagai berikut.

Ada tiga alat utama dalam instalasi fire hydrant yang harus ada, yaitu pompa listrik sebagai pompa air utama yang berfungsi untuk menyedot sumber air. Selain pompa utama, masih ada pompa cadangan bertenaga diesel yang difungsikan sebagai cadangan jika pompa listrik mengalami kendali, semisal mati listrik. Hal itu dikarenakan biasanya bila kebakaran terjadi aliran listrik dipadamkan oleh PLN. Mau tidak mau penyedotan air harus memakai pompa berdiesel dengan tenaga cukup besar.

Sementara itu, masih ada satu alat utama lagi yang harus ada dalam instalasi pompa hydrant, yaitu jockey pump. Sebuah pompa yang berukuran lebih kecil, tetapi berfungsi luar biasa. Pasalnya, jockey pump mampu menstabilkan tekanan air di dalam pompa utama saat menyedot air. Dengan begitu, tekanan air tidak terkendala dan masih bisa terus disedot dan dipancarkan dengan tekanan tinggi. Padahal, tekanan besar di dalam pompa penyedot saat beresiko terjadi kebocoran. Akibat dari kebocoran, yaitu tekanan menjadi tidak stabil dan sangat mungkin merusak peralatan lainnya, tak terkecuali pompa utama.

Selain ketiga alat utama di atas, masih ada komponen pendukung yang dipasangkan dan terhubung dengan panel kontrol utama di pompa. Misalnya, flexible coupling, coupling guard, batteries, battery rack, dan battery cable. Begitu juga silencer, flexible ex hose connector, thermostat, serta cooling water harus dipasang dalam instalasi tersebut. Semua komponen tersebut harus terhubung dengan sempurna antara satu dengan lainnya. Jangan sampai ada kelalaian dalam pemasangannya, apalagi salah memasang karena berakibat fatal di kemudian hari.

Pemasangan dan pemeliharaan instalasi pompa hydrant

Sudah disinggung di atas bahwa hanya pihak yang profesional dan pengalaman saja dapat memasang instalasi sistem fire hydrant untuk pemadam kebakaran dengan baik dan benar. Dengan pemasangan yang benar, maka fungsi dari alat utama serta semua komponen pendukung bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu, Anda yang membutuhkan instalasi semacam ini perlu menghubungi pihak yang benar-benar terpercaya. Mereka sudah mengantongi lisensi atau izin dengan standar internasional dalam menjual berbagai peralatan pemadaman kebakaran bersistem hydrant. Selain itu, mereka juga mampu memasang sekaligus memelihara secara fixed instalasi fire hydrant berkualitas terbaik.

Selain dari pompa hydrant, tentu pencegahan risiko kebakaran dengan Asuransi kebarakan dengan pilihan perluasan terkait kebakaran dengan berasuransi dapat mengalihkan risiko kepada pihak asuransi, sehingga kerugian atas materiil yang di alami bisa di cover oleh pihak asuransi.

Thats the brief for Pentingnya Instalasi Fire Hydrant dan Asuransi. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us