Cara Memilih Sistem Pemadam Kebakaran Untuk Ruang Server, Pusat Data, Atau NOC Anda

Cara Memilih Sistem Pemadam Kebakaran Untuk Ruang Server, Pusat Data, Atau NOC Anda

Cara Memilih Sistem Pemadam Kebakaran Untuk Ruang Server, Pusat Data, Atau NOC Anda

Ingin memasang sistem proteksi kebakaran baru? Apakah Anda ingin mengganti sistem halon lama Anda? Atau mungkin meng-upgrade sistem lama Anda? Ini bisa menjadi tugas yang menakutkan. Saat ini, sistem pemadam kebakaran datang dalam berbagai senyawa, baik perangkat pemberitahuan dasar dan lanjutan, dan ukuran yang berbeda. Memperkenalkan banyak perubahan dramatis yang telah dialami oleh Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional. Hal ini terutama disebabkan oleh perusahaan inovatif yang mencari cara yang lebih baik dan lebih murah untuk melindungi komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Inovasi biasanya merupakan hasil dari perubahan cara bisnis melakukan bisnis. Alasan mengapa sistem pemadam kebakaran baru dan inovatif sedang dikembangkan adalah sebagai berikut.

  • Sistem penyiraman dapat menyebabkan kerusakan besar pada lingkungan komputer.
  • Sistem pemadam kebakaran lama mungkin tidak ramah lingkungan.
  • Lingkungan server komputer saat ini jauh lebih kompak. Peningkatan yang signifikan dalam kapasitas penyimpanan saja telah secara signifikan mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menampung peralatan komputer, telekomunikasi, dan peralatan server.
  • Sistem yang lebih lama dan teknologi selanjutnya bisa terlalu mahal untuk dibeli dan dipasang.

Jumlah usaha kecil berkembang di seluruh dunia, dan ada perubahan dalam cara melindungi data dan peralatan yang penting. Sejumlah besar perusahaan menyewa ruang untuk kompleks perkantoran. Lebih dari 90% perusahaan leasing ruang menemukan sebagian besar sistem terlalu mahal untuk dibeli dan dipasang. Juga, sebagian besar perusahaan ingin memasang sistem yang akan menjadi perlengkapan permanen yang tidak dapat dilepas ketika masa sewa berakhir, ketika ruang tambahan diperlukan, atau ketika perusahaan perlu memperluas atau mengontrak.

Sekarang ada cara untuk mengganti sistem pemadam kebakaran lama, memperbarui peralatan yang ada, mengganti kepala sprinkler, dan membeli perlindungan yang Anda butuhkan untuk data penting dan sistem komputer Anda. Sekarang Anda dapat menambah atau mengurangi sistem pemadam kebakaran Anda tanpa biaya yang signifikan. Sistem baru ini bukan perlengkapan permanen dan dapat dicopot dan dipasang kembali. Investasi Anda dapat dipindahkan dengan Anda seperti peralatan di pusat data atau ruang server.

Evolusi sistem deteksi dan kontrol kebakaran sangat dramatis. Ada agen pemadam kebakaran yang beracun jika terhirup dan agen pemadam kebakaran yang bersertifikat “hijau”. Anda dapat memilih dari bahan pembersih gas, air, dan aerosol. Beberapa sistem membutuhkan lantai mengambang dan ruang yang cukup besar, sementara yang lain dipasang di ruang dinding yang tersedia.

Beberapa sistem memerlukan sedikit pembersihan (gas agen pembersih), sementara yang lain membutuhkan semua pembersih dan minyak siku selama berhari-hari. Ini, seperti yang Anda duga, menyebabkan waktu henti server. Bahkan kebakaran kecil, dari kebakaran kecil hingga kebakaran luas, dapat mengacaukan ibu jari Anda sampai Anda kembali ke bisnis pada beberapa sistem. Langkah Selanjutnya-Mengisi ulang sistem pemadam kebakaran, serta waktu dan biaya yang terkait dengan prosesnya.

Saya ingin menyederhanakan hal-hal di sini. Selama bertahun-tahun saya telah menyarankan perusahaan untuk memadamkan ruang komputer. Pengalaman langsung menjual solusi sistem pemadam kebakaran ke ruangan dan penutup dengan berbagai ukuran menunjukkan manfaat penggunaan teknologi baru ketika banyak perusahaan melindungi aset berharga mereka.

Mari kita mulai dengan meringkas kemampuan setiap jenis sistem pemadam kebakaran otomatis yang digunakan di sebagian besar pusat data, NOC, dan ruang server saat ini. Selanjutnya, saya akan menjelaskan detail yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih sistem pemadam kebakaran dan perusahaan pemadam kebakaran.

Pertama, pahami jenis kebakaran yang mungkin Anda temui

National Fire Protection Association mengklasifikasikan kebakaran menjadi empat jenis, ditentukan oleh bahan atau bahan bakar yang dibakar.

Tipe A: Kebakaran dari bahan yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, karet, dan banyak plastik

Tipe B: Kebakaran dengan cairan yang mudah terbakar, minyak, gemuk, ter, cat minyak, lak, dan gas yang mudah terbakar

Tipe C: Kebakaran yang melibatkan peralatan listrik

Tipe D: Api menggunakan logam yang mudah terbakar sebagai sumber bahan bakar

Dalam kebakaran ruang server yang khas, Anda akan melihat kombinasi tipe A, B, dan C. Sistem proteksi kebakaran yang efektif dievaluasi untuk ketiga tipe tersebut.

Dalam banyak kasus, penyebab kebakaran ruang server tidak terdeteksi sampai padam. Oleh karena itu, memasang sistem yang dapat menangani tipe A, B, dan C adalah perlindungan terhadap bencana yang tidak terduga.

Bahan yang digunakan untuk memadamkan api: gas, air, aerosol

1. Memadamkan agen gas atau bersih

Gas-gas yang digunakan pada sistem pemadam kebakaran biasanya merupakan bahan pembersih yang ramah lingkungan seperti halon, CO2, atau Inergen. Alih-alih memadamkan api dengan mencekiknya, gas-gas ini memadamkannya dengan mengganti oksigen atau dengan menghambat reaksi kimia yang penting untuk kelangsungan api.

Halon pemadam api yang populer sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga Eropa dan Amerika Serikat melarang produksi gas pada tahun 1995. Disebutkan di sini hanya karena banyak sistem halon yang dipasang sebelum larangan diberlakukan masih beroperasi.

Badan Perlindungan Lingkungan AS (USEPA) mendorong penggunaan bahan pemadam kebakaran non-penipis ozon, dan pada tahun 1990, Badan Perlindungan Lingkungan AS memperkenalkan bahan kimia dan teknologi baru untuk menggantikan penipisan ozon. Kami telah menetapkan kebijakan alternatif baru yang penting ( SNAP) untuk evaluasi. bahan. Akibatnya, banyak perusahaan memasang agen pembersih alternatif yang ramah lingkungan.

Nama agen bersih berasal dari ide sederhana untuk tidak meninggalkan residu setelah dibuang. Fitur ini sangat ideal untuk perangkat elektronik dan menghilangkan kekhawatiran akan pembersihan.

CO2, gas lain yang digunakan untuk memadamkan api, berbahaya bila dihirup pada konsentrasi tinggi (lebih besar dari 5% volume atau 50.000 ppm). Batas ambang batas (TLV) saat ini atau tingkat maksimum di mana orang dewasa yang sehat dianggap aman untuk bekerja delapan jam sehari adalah 0,5% (5.000 ppm). Untuk alasan ini, fasilitas harus dikosongkan sebelum sistem dilepaskan.
Tidak seperti CO2, Inergen tidak beracun. Namun, karena emisi inergen, konsentrasi karbon dioksida menjadi sekitar 3%. Ini bernapas pada awalnya, tetapi disarankan untuk menguras lingkungan. Karena ini bukan cairan bertekanan, Inergen membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Setelah dibuang, lingkungan menjadi bertekanan tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan jika tidak dilepaskan tepat waktu.

Sistem pemadam kebakaran gas biasanya terdiri dari agen (gas), wadah penyimpanan agen, katup pelepas agen, detektor kebakaran dan mekanisme peringatan, pipa agen, dan nozzle yang didistribusikan agen. Sebagian besar preparasi gas memerlukan lingkungan bertekanan untuk menampung preparasi gas. Pemasangannya rumit dan mahal, dan pembersihannya semudah ventilasi ruangan, jadi Anda hanya dibayar setelah Anda meninggalkan rumah sakit.

2. Pemadam api berbasis air

Sistem pemadam kebakaran kabut air lahir dari evolusi dari alat penyiram standar yang dirancang untuk kebakaran banjir. Sistem kabut air jauh lebih ringan dari sistem sebelumnya, efektif terhadap kebakaran Tipe A dan B, dan tidak terlalu merusak dibandingkan sistem berbasis air tradisional. Namun, sistem kabut air tidak ideal untuk ruang server karena kebakaran listrik tipe C yang umum terjadi di lingkungan ini. Masalah pembersihan dan keamanan juga menjadi perhatian saat menghadapi elektronik basah atau lembap. Efektif dalam situasi yang tepat, sistem kabut air harus diperkuat dengan sistem pemadam kebakaran lainnya untuk memberikan perlindungan yang lengkap jika terjadi kebakaran. Setelah drainase, sistem sprinkler diperkirakan akan mengalami downtime selama beberapa minggu, dan kabut air akan berkurang. Dalam banyak kasus, sistem sprinkler tidak dapat dibawa-bawa jika Anda menyewa atau berencana untuk pindah ke fasilitas baru. Ini dapat membuat perbedaan besar ketika mempertimbangkan sistem berbasis air.

3. Pemadam kebakaran aerosol

Teknologi pemadam kebakaran aerosol, teknologi terbaru dalam pemadaman kebakaran, secara resmi disetujui dan diaktifkan oleh National Fire Protection Association pada tahun 2005. Aero-K merek aerosol, bahan kimia bersih yang tidak mengandung produk sampingan pasca pembakaran, tidak menggantikan oksigen seperti CO2, tidak menghasilkan asam fluorida (HF) setelah kebakaran, dan tidak memiliki dampak lingkungan. ..

Aerosol terdiri dari partikel ultrafine yang dipancarkan melalui generator. Saat dilepaskan, zat tersebut menciptakan kabut partikel tersuspensi. Agen non-toksik dan non-korosif tetap tersuspensi di lingkungan hingga 60 menit, hampir menghilangkan kemungkinan penyalaan kembali. Setelah pemakaian dan waktu tahan selama 10 menit, pembersihan termasuk ventilasi ruangan dan debu ringan di permukaan.

Tidak seperti sistem gas yang beroperasi pada tekanan dan seringkali membutuhkan pipa besar, generator aerosol sangat hemat biaya untuk dipasang dan dirawat, dengan persyaratan ruang dan berat yang minimal. Generator yang didistribusikan aerosol tersedia dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi lingkungan dari semua ukuran.

Pilih sistem pemadam kebakaran dengan fitur keselamatan yang andal

Fitur keselamatan dapat menghemat waktu, uang, peralatan, dan yang terpenting, nyawa. Berikut adalah beberapa fitur yang dibutuhkan sistem pemadam kebakaran Anda untuk mencegah pelepasan dini atau sebaliknya (penundaan startup) jika Anda melihat kebakaran baru atau tidak sengaja menyalakannya karena kesalahan manusia.

Lockout / Batalkan Switch-Fitur ini penting ketika petugas servis berada di lingkungan yang terlindungi dan asap dihasilkan, seperti selama penyolderan. Anda dapat menggunakan sakelar pengunci / berhenti untuk menonaktifkan sistem menggunakan kunci untuk menghindari pelepasan yang tidak disengaja. Jika kebakaran yang mengancam terjadi saat sistem dinonaktifkan, pekerja dapat menggunakan alat pemadam kebakaran untuk kebakaran lokal atau mempersenjatai sistem dan menggunakan stasiun tarik manual.

Stasiun tarik manual-Jika Anda tidak sengaja terbakar, atau jika seseorang di kamar Anda mengetahuinya, Anda dapat menggunakan stasiun tarik manual untuk mengeluarkan asap dengan cepat tanpa menunggu sistem mendeteksinya.

Pilih perusahaan pemadam kebakaran yang menyesuaikan sistem Anda dengan kebutuhan Anda sendiri

Selain layanan pelanggan yang baik, carilah perusahaan pemadam kebakaran yang mengutamakan kebutuhan Anda. Perusahaan yang menawar peralatan deteksi dan penahanan kebakaran Anda akan ingin mengetahui ukuran ruangan Anda dan karakteristik khusus ruangan Anda. Ini menentukan jumlah agen, perpipaan, ruang sistem, dan persyaratan berat.

Perusahaan pemadam kebakaran yang baik mempertimbangkan faktor-faktor seperti lamanya waktu yang diharapkan untuk menempati ruang saat ini. Jika Anda pindah dalam beberapa tahun, Anda akan ingin memindahkan sistem Anda ke fasilitas baru dan melihat apakah Anda dapat menginstal ulang dengan cara yang hemat biaya. Ingatlah untuk bertanya tentang biaya yang terkait dengan pengisian ulang sistem Anda jika sistem habis.

Anda juga perlu menjelaskan cara memperluas sistem Anda seiring dengan bertambahnya ukuran ruang komputer Anda. Dan dalam skenario sebaliknya, dapatkah mengurangi ukuran mengurangi ukuran sistem?

Setiap negara bagian, kota, atau kota memiliki undang-undang pemadam kebakaran yang harus dipertimbangkan saat mengevaluasi opsi. Beberapa lembaga memerlukan alat penyiram, sementara yang lain mengizinkan sistem agen bersih atas nama alat penyiram. Faktor-faktor seperti jenis konstruksi bangunan sering mempengaruhi kode dan persyaratan. Pilih perusahaan instalasi pemadam kebakaran yang menanyakan semua pertanyaan yang sesuai tentang persyaratan unik lainnya seperti kode pemadam kebakaran dan sertifikasi UL untuk peralatan pemadam kebakaran.

Biaya pemadam kebakaran

Biaya biasanya diperkirakan berdasarkan ukuran ruangan. Ini menentukan jumlah obat yang dibutuhkan untuk memadamkan api, serta peralatan dan mekanisme pengiriman yang dibutuhkan. Tingkat konsentrasi obat tergantung pada kelas api yang diharapkan. Pastikan untuk menanyakan tentang biaya pemeliharaan sistem Anda setiap tahun dan harapan hidup agen / sistem Anda jika Anda perlu memperbaruinya secara teratur untuk hasil terbaik.

Thats the brief for Cara Memilih Sistem Pemadam Kebakaran Untuk Ruang Server, Pusat Data, Atau NOC Anda. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us