Cara Menanggulangi Kebakaran

Cara Menanggulangi Kebakaran

Cara Menanggulangi Kebakaran

Cara Menanggulangi Kebakaran yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mangatasi kebakaran secara cepat dan tepat sebaiknya ketahui cara penanggulangan kebakaran sebagai berikut ini.

Cara menanggulangi kebakaran memang sangat perlu untuk Anda ketahui terlebih akhir-akhir ini masalah kebakaran sering muncul dan merugikan. Bahkan jika terlambat mengatasi kebakaran tersebut bisa mengakibatkan meluasnya area kebakaran sehingga sangat disayangkan akan menghanguskan banyak bangunan.

Oleh karena itu sebaiknya ketahui cara menanggulangi kebakaran mulai dari sekarang agar kebakaran tersebut bisa cepat teratasi.

Cara menanggulangi kebakaran secara tepat

Meskipun saat ini sudah terdapat banyak petugas pemadam kebakaran dan alat pemadam kebakaran tetapi sebaiknya Anda juga mengetahui upaya menanggulangi kebakaran. Hal ini sangatlah penting terutama untuk memberikan pertolongan pertama secara cepat sehingga kebakaran tidak semakin meluas.

Berikut ini akan dijelaskan cara menanggulangi kebakaran secara tepat yang perlu Anda ketahui.

  1. Berusahalah untuk tetap tenang ketika tiba-tiba terjadi kebakaran di sekitar Anda.
  2. Apabila kebakaran tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan APAR sebaiknya segera gunakan alat tersebut atau bisa juga dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi menggunakan air. Kebakaran skala kecil biasanya bisa diatas dengan menggunakan alat tersebut tetapi pastikan Anda melakukannya dengan segera agar kebakaran tidak semakin menjalar.
  3. Apabila ternyata kebakaran tersebut disebabkan oleh adanya konsleting listrik sebaiknya segara matikan listrik di rumah Anda.
  4. Segera tutup ruangan yang sedang mengalami kebakaran agar tidak menjalar ke ruangan lainnya. Sebaiknya jangan kunci ruangan yang terbakar tersebut agar petugas lebih mudah dalam memadamkan api.
  5. Jika kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran berskala besar sebaiknya segera selamatkan diri Anda dan keluarga dan langsung berusaha keluar rumah. Hindari kesibukan menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah karena hal tersebut justru sangat membahayakan nyawa Anda.
  6. Pada saat terjadi kebakaran upayakan agar Anda tidak menghirup asap tebal yang muncul dari kebakaran tersebut. Anda bisa berjalan merangkak serta bernafas dengan menundukkan kepala ke lantai. Selaun itu gunakan kain yang basah untuk menutupi hidung Anda sehingga Anda akan lebih mudah ketika bernafas.
  7. Menanggulangi kebakaran berikutnya yaitu dengan mencari jalan melalui pintu tetapi dengan menempelkan belakang telapak tangan pada pintu untuk mngetahui suhunya. Selain itu peganglah handle pintu jika sudah terasa panas sebaiknya Anda cari jalur keluar lainnya yang aman dari kobaran api.
  8. Lakukan latihan evakuasi kebakaran sebagai bentuk cara menaggulangi kebakaran serta upaya untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.
  9. Segera hubungi petugas pemadam kebakaran dengan menelepon pada nomor 113 apabila api memang sudah mulia sulit untuk dikendalikan.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar dan hebat sebaiknya ketahui cara menanggulangi kebakaran yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Dengan mengetahui penaggulangan kebakaran tersebut nantinya jika tiba-tiba terjadi kebakaran Anda bisa melakukan upaya untuk memadamkan api sehingga nantinya kebakaran tidak semakin meluas dan merugikan.

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们