Inilah Penyebab Kebakaran Di Rumah Dan Cara Mencegahnya

Inilah Penyebab Kebakaran Di Rumah Dan Cara Mencegahnya

Inilah Penyebab Kebakaran Di Rumah Dan Cara Mencegahnya

Kebakaran menjadi musibah yang sulit untuk diprediksi. Rumah menjadi salah satu yang paling sering terjadi kebakaran. Hingga menyebabkan kerugian secara material yang tidak sedikit. Hal ini yang membuat banyak orang khawatir rumahnya terkena kobaran api tersebut. Terlebih di rumah yang padat penduduk, kebakaran bisa menjadi jauh lebih parah.

Secara umum penyebab kebakaran bisa diketahui. Namun biasanya kebakaran terjadi karena kelalaian. Misalnya lupa mematikan kompor dan lilin hingga membuang puntung rokok sembarangan. Kebiasaan tersebut tentu menjadi berbahaya jika tidak segera dihentikan. Oleh karena itu berikut ini adalah penyebab kebakaran dan cara mencegahnya.

Aktivitas Di Dapur

Dapur menjadi penyebab kebakaran yang umum terjadi. Dari sekian banyak kasus kebakaran, mayoritas berasal dari aktivitas di dapur. Dapur memiliki potensi kebakaran yang besar karena banyaknya aktivitas yang menggunakan api dan kabel. Peralatan seperti kompor, oven, alat pemanggang, dan alat lain yang bisa menghasilkan panas tentu berpotensi menjadi sumber kebakaran.

Cara untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah memastikan semua peralatan dapur sudah dalam keadaan mati saat digunakan. Anda tidak boleh meninggalkan alat-alat dapur yang menghasilkan panas saat sedang menyala. Kemudian jangan memasak atau memanggang dalam kondisi mengantuk. Hal ini hanya akan membuat Anda menjadi tidak fokus hingga menjadi lalai dan memperbesar potensi munculnya kebakaran.

Merokok

Kebiasaan buruk ini ternyata menjadi salah satu penyebab kebakaran cukup besar di rumah. Banyak orang lalai hingga membuang puntung rokok sembarangan. Terlebih puntung rokok tersebut dibuang di tempat-tempat yang mudah terbakar. Misalnya di dekat tirai, sofa, karpet, dan banyak lagi lainnya. Hal ini tentu saja memperbesar kemungkinan terjadinya kebakaran di rumah.

Oleh karena itu Anda harus mencegah kebakaran dengan tidak membiasakan membuang puntung rokok sembarangan. Sediakan asbak khusus yang jauh dari tempat-tempat mudah terbakar. Untuk pencegahan lebih baik lagi, Anda bisa menaruh sedikit air pada asbak sehingga api pada rokok akan mati sepenuhnya.

Kabel Yang Rusak

 

Kabel yang rusak menjadi salah satu pemicu kebakaran di rumah. Kabel bisa menghasilkan percikan api jika pelindungnya rusak. Terlebih jika kabel rusak tersebut berada di dekat benda-benda yang mudah terbakar maka akan memicu kebakaran. Oleh karena itu Anda harus selalu rutin memeriksa kondisi kabel di rumah.

Segera ganti kabel yang rusak, baik itu yang terputus atau sobek. Semakin cepat Anda mengganti kabel-kabel tersebut maka akan semakin baik untuk mencegah rumah dari kebakaran. Pastikan juga Anda menempatkan kabel dengan baik agar tidak mudah rusak. Manajemen kabel yang baik bisa mencegah kerusakan kabel.

Gas Dan Cairan Yang Mudah Terbakar

Jika di rumah Anda memiliki gas dan cairan yang mudah terbakar, maka sebaiknya disimpan dengan baik. Kedua benda tersebut tergolong berbahaya dan harus dijauhkan dari benda lainnya. Jika tidak maka bisa menghasilkan kebakaran yang cukup besar. Misalnya gas untuk kompor sebaiknya dijauhkan dari kompor. Karena dikhawatirkan jika gas bocor maka akan merambat pada api.

Peralatan Listrik Yang Tidak Terpasang Dengan Baik

Banyak kebakaran di rumah terjadi akibat instalasi peralatan listrik yang kurang baik. Oleh karena itu pastikan semua peralatan listrik sudah terpasang dengan baik dan sesuai dengan buku petunjuk. Anda juga harus memeriksa peralatan listrik secara rutin sehingga tahu apakah ada kerusakan atau tidak.

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们