Teknik Pemasangan Pemadam Kebakaran yang Baik dan Benar

Teknik Pemasangan Pemadam Kebakaran yang Baik dan Benar

Teknik Pemasangan Pemadam Kebakaran yang Baik dan Benar

Mengetahui Teknik Pemasangan Pemadaman Kebakaran yang Baik dan Benar

Pemasangan pemadam kebakaran memang harus diperhatikan karena ada beberapa teknik yang harus Anda pahami agar alat tersebut berfungsi optimal.

Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar memang perlu Anda ketahui agar nantinya alat pemadam kebakaran tersebut bisa digunakan dengan benar ketika kondisi darurat.

Dalam pemasangan alat pemadam kebakaran memang tak boleh asal pasang saja karena ada teknik-teknik yang harus Anda perhatikan. Terlebih jika alat pemadam kebakaran akan diletakkan di dalam gedung pastinya peletakannya harus tepat agar menjadi pertolongan pertama.

Meskipun tampak sederhana tetapi pemasangan pemadam kebakaran terutama di dalam ruangan memang harus selalu diperhatikan. Jangan sampai asal memasang yang berakibat pada sulitnya alat pemadam kebakaran tersebut untuk dijangkau.

Berikut ini akan dijelaskan teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar untuk menambah wawasan Anda.

1. Mudah Dilihat

Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar sebaiknya alat pemadam kebakaran diletakkan di posisi yang mudah dijangkau ketika kebakaran sedang terjadi. Sebetulnya terdapat banyak cara agar alat pemadam kebakaran tersebut mudah dilihat oleh orang-orang yang ada disekitarnya. Salah satu caranya adalah dengan memasang stiker pemberitahuan mengenai alat pemadam kebakaran tersebut. Anda juga bisa memberi tanda dimana lokasi alat pemadam kebakaran tersebut diletakkan sehingga bisa dijangkau oleh siapa saja saat kebakaran terjadi.

2. Sesuai dengan Potensi Kebakaran

Pada saat pemasangan alat pemadam kebakaran sebaiknya sesuaikan dengan tipe dan penggolongan alat pemadam kebakaran tersebut. Mislahkan saja Anda akan memasang alat pemadam kebakaran di gedung yang menyimpan banyak bahan kimia sebaiknya pilih alat pemadam yang bisa mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh bahan kimia. Oleh karena itu pastikan Anda memasang alat pemadam kebakaran sesuai dengan potensi kebakaran agar nantinya bisa memadamkan api secara cepat dan tepat. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak jual alat pemadam kebakaran agar dibantu memilih aat pemadam kebakaran yang tepat.

3. Cara Penempatan

Alat pemadam kebakaran untuk gedung atau ruangan biasanya diletakkan secara menggantung di dinding serta dilengkapi konstruksi penguat. Agar lebih aman biasanya alat pemadam diletakkan dalam Box APAR kemudian dikunci.

4. Ketinggian Pemasangan

Teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar harus memperhatikan ketinggian pemasangan. Untuk jarak penggantungan sebaiknya sekitar 1,2 meter dari permukaan lantai. Serta yang paling rendah adalah 15 cm dari permukaan lantai. Hal ini bertujuan agar alat pemadam mudah dijangkau.

5. Suhu

Disarankan agar alat pemadam kebakaran sebaiknya jangan dipasang pada ruangan yang bersuhu diatas 49 derajat Celcius serta kondisi suhu dibawah minus 44 derajat Celcius. Tetapi jika tabung memang sengaja dibuat untuk suhu-suhu tersebut memang tidak menjadi masalah.

Melalui penjelasan diatas kini Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai teknik pemasangan pemadam kebakaran yang baik dan benar. Pemasangan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar memang sangat perlu diperhatikan agar alat pemadam tersebut aman dan dapat digunakan dengan cepat ketika tiba-tiba terjadi kebakaran.

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们