7 Langkah Cegah Kebakaran Di Dalam Gedung

7 Langkah Cegah Kebakaran Di Dalam Gedung

7 Langkah Cegah Kebakaran Di Dalam Gedung

Kebakaran bisa terjadi tanpa diduga. Seperti yang terjadi di kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
Penyebab kebakaran seringkali terjadi karena kelalaian atau kurangnya peralatan yang memadai di dalam kantor. Untuk itu, penting bagi pemilik gedung untuk memperhatikan hal berikut ini.

1. Alat Deteksi Kebakaran

Hal yang paling umum yang harus ada di setiap gedung adalah alat deteksi kebakaran. Alat ini biasanya sangat sensitif dengan panas ataupun asap.
 
Jika asap atau panas terdeteksi biasanya alarm akan berbunyi dan memberikan peringatan bagi penghuni gedung. Alat ini harus terhubungn dengan sistem manajemen gedung.

2. Peralatan yang Mudah Diakses

Pastikan semuan peralatan proteksi kebakaran di dalam gedung mudah terjangkau. Misalnya tabung pemadam kebakaran, selang harus berada di tempat yang mudah diakses.

3. Pembuangan yang Tepat

Menjaga kebersihan gedung bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran. Banyak kebakaran terjadi karena banyaknya barang-barang yang mudah terbakar.

Buang semua limbah berbahaya ke dalam wadah yang memiliki tutup. Limbah berbahaya dapat mencakup minyak hingga bahan kimia. Bahkan bahan yang mudah terbakar arus dibuang dengan benar untuk mencegah kebakaran.

4. Lakukan Pengecekan

Lakukan pengecekan secara berkala pada gedung. Misalnya periksa apakah peralatan proteksi kebakaran masih berfungsi dengan naik. Periksa juga dengan listrik atau mesin-mesin yang dapat menyebabkan kebakaran.
 
Penting untuk memastikan bahwa peralatan atau mesin di gedung dirawat dengan benar untuk mencegah panas berlebih atau percikan api yang dihasilkan dari gesekan.

5. Penyimpanan yang Aman

Jika Anda memiliki bahan kimia, bahan yang mudah terbakar, atau zat berbahaya lainnya di gedung Anda, pastikan bahwa disimpan di tempat yang aman.
 
Pastikan bahan-bahan tersebut di lemari atau ruangan yang kering dan aman dengan ventilasi yang memadai. Sebaiknya juga menyimpan peralatan proteksi kebakaran untuk zat yang mudah terbakar di dekat area penyimpanan untuk berjaga-jaga.

6. Tindakan Pencegahan

Demonstrasi keselamatan kebakaran bisa sangat bermanfaat dalam hal keamanan gedung. Pastikan untuk mengajari penghuni gedung bagaimana bereaksi terhadap kebakaran dan bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran.

7. Area Khusus Merokok

Harus ada area khusus merokok yang berada dalam jarak aman dari gedung. Pastikan juga untuk menyediakan asbak atau pilihan aman lainnya untuk membuang rokoknya dengan benar.
 
Ini akan membantu bangunan Anda tetap aman dari kebakaran yang tidak disengaja yang disebabkan oleh rokok yang menyala.

Sumber: medcom.id

这是:标题的简介。 如果需要软管消防配件维修维护备件供应,请通过以下方式与我们联系:

电子邮件: sales@swb.co.id

电话:+62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

分享页面:
联系我们为您的消防解决方案。 联系我们