5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menghadapi dan Mencegah Kebakaran

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menghadapi dan Mencegah Kebakaran

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menghadapi dan Mencegah Kebakaran

Kebakaran dapat terjadi kapan saja, dan di mana saja termasuk di rumah, restoran, atau di kantor. Tidak ada yang bisa menjamin kebakaran tidak akan terjadi, walaupun sumber api jauh dan listrik dipastikan stabil. Dalam keadaan darurat, penting untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi kebakaran dan menyelamatkan diri sendiri, dan orang lain. Berikut lima tips untuk menghadapi kebakaran:

Mencegah lebih baik daripada mengobati..

1. Pahami dengan benar di mana letak pintu darurat

Jika Anda bekerja di gedung, pastikan Anda hafal di mana letak tangga darurat. Siapkan jalur alternatif untuk evakuasi. Tentukan meeting point dengan rekan kerja. Saat ada latihan kebakaran (fire drill), pastikan Anda mengikutinya dengan seksama dan tidak bersembunyi di bawah meja kerja karena malas.

2. Peralatan Darurat Kebakaran

Lakukan pengecekan terhadap peralatan darurat kebakaran secara berkala. Pastikan alat pemadam kebakaran darurat masih bisa digunakan. Idealnya, alat ini harus diperiksa sekali dalam 5 tahun. Tapi tidak ada salahnya untuk lebih rajin dan mengeceknya setahun sekali.

Saat darurat..

1. Hubungi Pemadam Kebakaran (113)

Hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran, adalah memecahkan kaca darurat dan mengaktifkan alarm tanda kebakaran. Jika memungkinkan, hubungi pemadam kebakaran secepatnya lewat nomor 113.

2. Cara Memadamkan Api di Pakaian

Jika pakaian Anda terbakar api, jangan panik! Segera padamkan dengan cara berbaring di lantai dengan tangan menutup muka untuk mencegah wajah ikut terbakar, lalu bergulinglah. Jika memungkinkan, bungkus diri Anda dengan bahan tekstil yang sulit terbakar (misal, karpet, selimut, atau jubah).

3. Jangan lawan api

Upaya memadamkan api memang diperlukan sebagai pertolongan pertama, namun jika api terlanjur membesar jangan memaksakan diri. Jangan berusaha memadamkan kebakaran yang ditimbulkan oleh listrik dengan air karena bisa menimbulkan sengatan listrik.

Jika kebakaran di rumah semakin menjadi, tinggalkan rumah dengan membawa tiga alat penting: telepon genggam, kunci-kunci, dan handuk basah. Jika jalan keluar tertutup asap, berbaringlah di lantai dan merangkak menuju pintu keluar.

Thats the brief for 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menghadapi dan Mencegah Kebakaran. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us