22-mengenal-mobil-pemadam-kebakaran

Mengenal Mobil Pemadam Kebakaran

Siapa yang tak mengenal mobil pemadam kebakaran? Mobil ini sering ditemui ketika terjadi kebakaran baik itu di pasar, pemukiman atau lainnya. Mobil pemadam kebakaran atau fire truck adalah bagian dari alat pengendali api. Alat pengendali api atau active fire protection merupakan suatu metode mengendalikan kebakaran yang terjadi di suatu bangunan atau tempat. Alat pengendali api berisi alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi adanya kebakaran dan alat untuk memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran atau fire truck merupakan kendaraan bermotor baik itu truk atau mobil beroda empat jenis lain yang telah dipasangi alat pemadam kebakaran.

Sistem dalam Mobil Pemadam Kebakaran

Fire truck atau yang lebih dikenal dengan mobil pemadam kebakaran adalah rangkaian beberapa unit sistem. Secara garis besar unit sistem dalam mobil pemadam kebakaran terdiri dari, 1.) Engine dan chassis, 2.) Pompa dan Power Take Off (PTO). Kedua hal tersebut disatukan melalui sistem mekanik, elektrik, konstruksi bodi dan sistem perpipaan hingga menjadi satu unit utuh yang nantinya dapat berfungsi alat pemadam kebakaran. Media yang digunakan untuk memadamkan api akan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Bentuk Mobil Pemadam Kebakaran

Mobil pemadam kebakaran memiliki bentuk dan fungsi yang beragam. Berdasarkan bentuknya mobil pemadam kebakaran dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, antara lain :

Mobil Pemadam Ringan Atau Kecil. Mobil pemadam ringan bisa disebut sebagai Light Fire Tender. Light Fire Tender memiliki bentuk yang kecil. Mobil pemadam jenis ini mempunyai ukuran yang setara dengan pick up, jeep dan mobil kecil lainnya.

Mobil Pemadam Berat. Mobil pemadam berat bisa disebut sebagai Fire Tender atau Fire Truck. Chasis mobil pemadam jenis ini menggunakan chasis truk sehingga memiliki bentuk yang besar.

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran 

Ada beberapa jenis mobil pemadam kebakaran berdasarkan fungsinya, yaitu,

Mobil Pemadam Kebakaran Jenis Busa. Mobil pemadam kebakaran jenis busa disebut juga sebagai Foam Tender. Sesuai dengan namanya mobil pemadam kebakaran jenis ini dilengkapi dengan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyemprotkan bahan pemadam yang berjenis busa.

Mobil Pemadam Kebakaran Jenis Tepung Kimia. Dry Chemical Tender atau mobil pemadam kebaran jenis tepung kimia adalam mobil yang dirancang secara khusus sehingga bisa digunakan untuk menyemprotkan dry chemical yang digunakan sebagai bahan pemadam.

Mobil Pemadam Kebakaran Jenis Bahan Pemadam Ganda. Multi agent Fire Tender atau mobil pemadam kebakaran jenis bahan pemadam ganda merupakan mobil pemadam yang dirancang untuk menyemprotkan beberapa bahan sekaligus seperti busa, air ataupun dry chemical.

Mobil Pemadam Kebakaran Jenis Pompa. Mobil pemadam kebakaran jenis pompa merupakan mobil pemadam yang dirancang untuk membawa pompa. Mobil pemadam jenis ini berukuran kecil dan terkadang membawa air namun hanya dalam jumlah yang sedikit.

Mobil Pemadam Kebakaran Jenis Tangga. Mobil pemadam kebakaran jenis tangga disebut juga Snorkle atau Turntable Tender. Mobil pemadam kebakaran jenis tangga memiliki ukuran yang paling besar di antara mobil pemadam kebakaran jenis lain. Mobil pemadam kebakaran jenis ini memiliki tangga atau boo, yang secara otomatis dapat naik atau turun. Mobil pemadam jenis ini berguna untuk mencapai tempat tinggi seperti bangunan bertingkat.

Lima Alat Yang Harus Ada Pada Mobil Pemadam Kebakaran 

Mobil pemadam kebakaran terdiri dari berbagai alat yang saling bekerja sehingga menjadi sebuah sistem. Jika salah alat-alat tersebut dihilangkan, maka bisa menjadi kendala untuk petugas pemadam kebakaran. Memang tidak semua alat penanggulangan api akan dibawa oleh mobil pemadam kebakaran karena alat yang dibawa disesuaikan dengan fungsi, kegunaan dan efektivitas. Terdapat beberapa peralatan yang harus ada dalam setiap mobil pemadam kebakaran agar fungsi mobil pemadam kebakaran dapat maksimal. Alat-alat tersebut antara lain,

Selang Pemadam Kebakaran. Selang pemadam kebakaran juga disebut sebagai hose. Hose sering digunakan untuk meningkatkan jangkauan semprot air, biasanya dapat kita temui pada kotak hydrant. Jika tidak ada hose pada mobil pemadam kebakaran maka kuantitas air yang disemprotkan tidak terlalu banyak.

Fire Nozzle. Fire Nozzle atau pengarah air. Fire nozzle mempunyai tekanan yang berasal dari tangki mobil dan pipa mobil pemadam kebakaran. Nozzle berada di ujung selang mobil pemadam kebakaran. Penggunaan Nozzle disesuaikan dengan jenis api yang akan dikendalikan di suatu area. Nozzle berfungsi untuk menutup Shut off atau katup penutup yang bermanfaat dalam mengontrol air yang keluar.

Kampak Pemadam Kebakaran. Kampak pemadam kebakaran disebut juga Fire Axe adalah salah satu perlengkapan yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. Kampak tersebut berfungsi untuk menjebol pintu atau lainnya saat keadaan darurat.

Fire Helmet. Fire Helmet adalah helm khusus yang dirancang untuk petugas pemadam kebakaran. Helm ini dapat melindungi kepala petugas pemadam kebakaran dari cipratan api karena bahan yang digunakan untuk helm adalah bahan tahan akan api.

Baju Tahan Panas FireFly. Baju tahan panas Firefly dibuat untuk menjaga petugas pemadam kebakaran supaya tetap aman serta meminimalisir terjadinya kecelakaan pada petugas pemadam kebakaran dan juga berfungsi untuk menyelamatkan korban kebakaran.

Pengoperasian Mobil Pemadam Kebakaran

Sebelum mobil pemadam kebakaran berangkat, biasanya ada beberapa hal yang harus diperiksa yaitu, tekanan ban, isi tangki bahan bakar, radiator, Minyak pelumas mesin, battery (accu), bahan pemadam isi penuh dan lain-lain. Seorang petugas pemadam kebakaran yang harus mengetahui beberapa hal terkait dengan mobil pemadam kebakaran untuk memudahkannya saat sedang bertugas. Hal-hal tersebut antara lain, tombol untuk memasukkan pompa busa, tombol untuk memasukkan pompa air, transfer valve untuk mengatur debit dan tekanan, tombol/handle gas, petunjuk tekanan (pressure gauge), discharge valve, pressure relief valve, dan peralatan peralatan lainnya.

Mobil Pemadam Kebakaran Terbesar di Dunia 

Alat pengendalian api telah banyak mengalami perkembangan mulai dari baju petugas pemadam kebakaran yang anti api dan air serta berbagai peralatan pemadam kebakaran lainnya yang lebih modern. Mobil pemadam kebakaran juga tidak luput dari perkembangan teknologi. Saat ini ada mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi berbagai kecanggihan untuk memaksimalkan fungsinya dalam menanggulangi kebakaran. 

Rosenbauer merupakan perusahaan yang berfokus pada pembuatan mobil pemadam kebakaran yang berasal dari Australia. Perusahaan ini berhasil menciptakan sebuah truk pemadam kebakaran yang bernama Buffalo Fire Truck. Buffalo Fire Truck memiliki lebar 3,55 meter, tinggi 4,2 meter dan panjang mencapai 13 meter. Ukuran yang dimiliki Buffalo Fire Truck membuatnya mampu mengangkut hingga 33 ton air. Mobil pemadam ini memiliki berat 68 ton. Ban yang digunakan untuk Buffalo Fire Truck adalah ban besar seperti yang digunakan pada kendaraan pertambangan. Buffalo Fire Truck dikatakan sebagai mobil pemadam kebakaran terbesar di dunia. Buffalo Fire Truck diciptakan dengan menggunakan platform yang diberi nama Paul Heavy Mover 6x6. Platform ini merupakan platform rincian Mercedes-Benz. Mobil pemadam ini juga dilengkapi waterpump besar sehingga mampu menyemprotkan 6500 liter air setiap menit dan memiliki tekanan sebesar 10 bar. Tidak berhenti disitu, mobil pemadam ini juga memiliki generator busa yang dapat membuat lebih dari 600 liter busa per menit. Buffalo Fire Truck bisa memiliki kecepatan hingga 65km/jam. Kabin Buffalo Fire Truck dapat digunakan untuk menampung 5 orang sehingga dapat membantu memaksimalkan operasi pemadaman api. Mobil pemadam ini sangat sesuai digunakan pada lokasi yang sulit akses air seperi tambang batu bara atau ladang minyak dan gas.

Mobil Pemadam Kebakaran Tercanggih di Indonesia 

Jika Buffalo Fire Truck menjadi mobil pemadam kebakaran terbesar yang berasal dari Australia, ternyata Indonesia juga memiliki mobil pemadam kebakaran canggih. Mobil pemadam kebakaran ini dimiliki oleh Pemerintah DKI dan Kota Banda Aceh. Mobil pemadam kebakaran tersebut dilengkapi dengan teknologi digitalisasi yang dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan pada petugas. Mobil tersebut dibeli dengan harga 17 miliar oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh. Mobil pemadam kebakaran tersebut dirakit di atas Chassis Volvo yang merupakan perusahaan asal Swedia.

Mobil pemadam kebakaran tersebut dilengkapi tangga setinggi 33 meter dengan kamera water monitor yang dipasang di ujung tangga. Material yang digunakan untuk membuat tangga adalah baja kuat atau High Strength Steel. Jalur tangga dapat menjulur ke depan hingga 20 meter dan menahan beban hingga 200 Kg. Jalur tangga ke depan tersebut dapat berfungsi mengevakuasi korban yang terjebak. Mobil tersebut mempunyai mesin kendaraan 370 HP, 6x4R dan 11000 CC ini. Mobil pemadam kebakaran tersebut menggunakan sistem komputerisasi canggih yang berfungsi untuk mendeteksi titik api. Mobil pemadam kebakaran ini juga dilengkapi dengan fasilitas pompa pemadam yang berkapasitas maksimal 5000 liter air setiap menit dan kekuatan semprot yang mencapai 30 bar.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Mengenal Mobil Pemadam Kebakaran. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: 0877 9019 6185 / 0821 7174 8877 / 0811 7554 885 / Whatsapp