6 Tips Keamanan Dan Keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar

6 Tips Keamanan Dan Keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar

6 Tips Keamanan Dan Keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar

Berikut tips keamanan dan keselamatan yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan benda-benda di dalam rumah :

 1. Awasi nyala api di tempat terbuka

Jika Anda sering membuat nyala api di tempat terbuka seperti membakar sampah, membuat api unggun, atau membuat api untuk membakar sate/ daging, pastikanlah nyala api yang Anda buat itu aman dan pastikan juga nyala api tidak terlalu besar. Karena nyala api di tempat terbuka cukup berbahaya, apalagi jika terkena terpaan angin besar dapat memicu terjadinya kebakaran.

2. Berhati-hati saat menyalakan lilin

Jika akan menyalakan lilin, gunakanlah alas yang terbuat dari besi dan jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar dan juga dari jangkauan anak-anak.

3. Merokoklah di tempat yang aman

Merokok merupakan salah satu aktivitas manusia yang berkaitan dengan api. Oleh karena itu, jika Anda akan melakukan aktivitas merokok, merokoklah di area merokok. Jangan merokok di tempat-tempat yang dapat menimbulkan bahaya percikan api seperti merokok di dekat dapur, karena di area dapur terdapat kompor gas yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Hindarilah merokok di kamar atau ruangan tertutup, selain asapnya yang dapat mengganggu pernafasan juga bisa menjadi membahayakan jika Anda terlelap dalam kondisi rokok masih di tangan dalam keadaan menyala. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

4. Buanglah puntung rokok ke tempat yang aman.

Jika Anda sudah melakukan aktivitas merokok, buanglah puntung rokok ke tempat yang aman dan jauhkan dari sampah-sampah yang mudah terbakar. Pastikan puntung rokok sudah mati sebelum dibuang.

5. Perhatikan penggunaan obat nyamuk bakar.

Obat nyamuk yang sering dipakai oleh masyarakat salah satunya adalah obat nyamuk bakar. Penggunaan obat nyamuk ini harus sangat diperhatikan karena sangat rentan dapat menimbulkan kebakaran. Hindari menyimpan obat nyamuk bakar dekat dengan alat/ perabotan rumah yang mudah terbakar. Gunakanlah alas yang terbuat dari besi dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

6. Berhati-hatilah dengan petasan dan kembang api

Sebelum menyalakan petasan atau kembang api, perhitungkanlah jangkauan percikan bunga api yang akan menyala. Berhati-hatilah saat menyalakan petasan atau kembang api, jauhkan dari tubuh dan benda-benda yang mudah terbakar. Dan awasilah selalu anak-anak yang sedang memainkannya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 6 Tips Keamanan Dan Keselamatan Terhadap Benda Yang Mudah Terbakar. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Bagikan Halaman:
Tanyakan Solusi Pemadam Kebakaran Anda Kepada Kami. Hubungi Kami