Jenis Tabung Pemadam Kebakaran

Jenis Tabung Pemadam Kebakaran

Jenis Tabung Pemadam Kebakaran

Tabung pemadam kebakaran / fire extinguisher atau sering juga disebut sebagai APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat pemadam yang digunakan untuk mengatasi atau memadamkan kebakaran kecil. Tabung pemadam kebakaran biasanya berbentuk tabung bertekanan tinggi yang diisi dengan bahan pemadam api. Alat pemadam api ringan ini merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan, apartemen, laboratorium, pompa bensin untuk mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan manusia serta aset - aset perusahaan.

Jenis Tabung Pemadam Api Berdasarkan Bahan pemadam:

1. Tabung pemadam api CO2 / Carbon Dioxide

APAR jenis ini menggunakan isi karbon dioxida sebagai bahan pemadam kebakaran. APAR CO2 cocok digunakan untuk kebakaran yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah terbakar (Kelas B) serta kebakaran pada instalasi listrik yang yang bertegangan (Kelas C)

2. Alat pemadam api Dry Chemical Powder / Serbuk Kimia

Pemadam Api Dry Chemical Powder atau APAR Serbuk Kimia menggunakan isi serbuk kimia kering yang merupakan campuran dari mono amonium dannamonium sulphate. APAR jenis serbuk kimia ini akan mengeluarkan bahan yang fungsinya menyelimuti bahan yang terbakar sehingga akan melindungi dari oksigen yang merupakan unsur penting dalam terjadinya proses kebakaran. Alat pemadam api jenis Dry Chemical Powder ini sangat efisien dan serbaguna karena dapat memadamkan api di hampir semua kelas kebakaran yaitu Kelas A, Kelas B dan kelas C. APAR jenis serbuk kimia ini biasanya digunakan pada mobil dan sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam industri karena akan mengotori dan merusak peralatan produksi.

3. Alat pemadam api Foam AFFF / Busa

Pemadam api Foam / Busa berisi bahan kimia dalam bentuk busa. Busa Aqueous Film Forming Foam / AFFF yang digunakan akan menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak dapat masuk ke objek tersebut yang tentunya membuat proses kebakaran dapat terhenti. APAR jenis Foam ini efektif untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh bahan - bahan padat bukan logam (Kelas A) diantaranya kain, kertas, karet, serta kebakaran yang disebabkan oleh bahan - bahan cair (Kelas B) antara lain solvent, minyak, alkohol dan lain sebagainya.

4. Alat pemadam api Water / Air

Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan jenis air adalah jenis alat pemadam api yang diisi dengan bahan air bertekanan tinggi. APAR jenis air ini merupakan jenis alat pemadam api yang paling ekonomis serta cocok untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh bahan - bahan padat non logam (Kelas A) sebagai contoh: plastik, kain, karet serta kertas. Jenis APAR Water ini sangat berbahaya jika digunakan untuk kebakaran yang dikarenakan instalasi listrik bertegangan tinggi.

Sumber: aparservvo.com

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Jenis Tabung Pemadam Kebakaran. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Bagikan Halaman:
Tanyakan Solusi Pemadam Kebakaran Anda Kepada Kami. Hubungi Kami