Risiko Asap Kebakaran Hutan dan Tipsnya

Risiko Asap Kebakaran Hutan dan Tipsnya

Risiko Asap Kebakaran Hutan dan Tipsnya

Saat mempertimbangkan bahaya kebakaran hutan, sangat mudah untuk membayangkan melarikan diri dari rumah saat api yang mengamuk mendekat dengan cepat. Namun, penyebab kematian nomor satu akibat kebakaran adalah menghirup asap.

Menghirup asap merusak tubuh Anda dengan salah satu atau kedua cara berikut:

  • dengan merampas oksigen
  • melalui iritasi materi partikulat

Menghirup asap sangat berbahaya karena Anda mungkin tidak menunjukkan gejala hingga 24 hingga 48 jam setelah terpapar. 50-80% kematian akibat kebakaran disebabkan karena menghirup asap.

Apa yang ada di asap api?

Asap kebakaran hutan adalah campuran dari ribuan senyawa individu, termasuk partikel dan gas berbahaya yang menimbulkan risiko kesehatan yang parah bagi siapa pun (termasuk hewan peliharaan) di sekitar dan melawan arah angin dari api. Asap kebakaran hutan sering kali meliputi:

  • uap air, materi partikulat, dan jejak mineral

  • c arbon dioksida, karbon monoksida, dan nitrogen oksida

  • hidrokarbon dan nitrogen oksida (berkontribusi pada peningkatan kadar ozon)

  • senyawa organik yang mudah menguap (VOC) , termasuk akrolein dan formaldehida (bahan pengiritasi pernapasan yang berbahaya)

Apa yang ada dalam asap api tergantung pada banyak hal, termasuk:

  • jenis kayu dan vegetasi yang terbakar

  • kadar air

  • suhu api

  • kondisi angin

  • pengaruh terkait cuaca lainnya

Polutan utama yang mengancam kesehatan orang-orang di sekitarnya dan melawan arah angin kebakaran adalah materi partikulat. Asap api sering kali mengandung partikel halus (atau PM2.5) dan sangat halus. Partikel kecil di udara ini adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan Anda.

Partikel halus (lebih kecil dari 2,5 mikron) menembus jauh ke dalam paru-paru Anda. Yang paling berbahaya adalah partikel ultrafine (lebih kecil dari 0,1 mikron), yang mewakili 90% dari semua partikel di udara. Partikel-partikel ini sangat kecil dan dapat diserap langsung ke dalam aliran darah Anda. Begitu berada di dalam darah Anda, mereka dapat mencapai organ atau area mana pun di tubuh Anda.

Bagaimana perilaku asap api

Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku asap kebakaran, seperti:

  • cuaca

  • medan geografis

  • panggung api

  • angin

Kondisi berangin umumnya menyebabkan asap bercampur dengan volume udara yang lebih besar untuk menurunkan konsentrasi asap. Namun, angin kencang juga dapat menyebarkan api lebih cepat, menyebabkan kebakaran yang lebih besar dengan dampak yang lebih besar. Cuaca regional bisa menjadi alasan utama mengapa kebakaran terjadi serta bagaimana asap mempengaruhi daerah sekitarnya.

Namun, sistem cuaca regional dapat menyebarkan kebakaran dengan cepat dan mengakibatkan kebakaran besar dengan lebih banyak asap yang dihasilkan, menciptakan potensi dampak yang lebih besar. Sistem cuaca regional yang kuat dapat mendominasi perilaku kebakaran selama berhari-hari dan menjelaskan bagaimana asap akan memengaruhi suatu area.

Asap dapat menyebar berkilo-kilometer di luar sumbernya. Pada tahun 2020, asap dari kebakaran di Amerika Serikat bagian barat melayang sejauh lebih dari 8.000 kilometer, akhirnya terdeteksi di Eropa.

Populasi berisiko dan asap kebakaran hutan

Kebanyakan orang dewasa yang sehat akan pulih dari paparan asap. Namun, individu tertentu lebih berisiko mengalami konsekuensi kesehatan yang parah, termasuk:

  • Anak muda. Anak-anak yang paru-parunya masih berkembang dianggap lebih rentan, terlepas dari apakah mereka memiliki kondisi yang sudah diderita sebelumnya.

  • Wanita hamil. Menghirup asap api liar menempatkan wanita hamil dan anak-anak mereka yang belum lahir pada risiko lebih tinggi daripada populasi umum.

  • Orang tua. Populasi ini berisiko karena meningkatnya penyakit paru-paru dan jantung yang sudah ada sebelumnya.

  • Siapapun dengan penyakit pernapasan. Orang dengan emfisema, bronkitis kronis, COPD, asma, atau penyakit pernapasan lainnya berisiko.

  • Orang dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit peredaran darah termasuk tekanan darah tinggi, penyakit pembuluh darah, gagal jantung, dan kondisi serebrovaskular. Kondisi ini menyebabkan orang mengalami serangan jantung, nyeri dada sementara, gagal jantung, stroke, dan kematian mendadak akibat aritmia jantung.

Anak-anak kecil, wanita hamil, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi pernapasan dan kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya mungkin mengalami gejala yang memburuk dan mungkin merasa lebih sulit untuk bernapas.

Sebuah tinjauan tahun 2017 yang diterbitkan dalam Toksikologi dan Farmakologi Lingkungan menemukan bahwa masih ada peluang studi penting untuk mengeksplorasi efek jangka panjang dari paparan asap, pemulihan paparan asap, dan dampak kesehatan penghirupan asap tambahan untuk anak-anak.

Paparan asap bisa berbahaya karena mikroorganisme di dalam asap. Sebagaimana dicatat dalam studi tahun 2020 yang diterbitkan di Science Magazine, diketahui bahwa mikroorganisme seperti bakteri dan spora jamur merupakan bagian dari komposisi materi partikulat yang terdapat dalam asap. Studi tersebut berteori bahwa penyakit menular dapat menyebar karena bakteri dan jamur menjadi bagian dari materi partikulat asap.

Tips persiapan dan keamanan asap kebakaran hutan

Peristiwa asap kebakaran hutan dapat terjadi tanpa peringatan. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri.

Tips untuk membatasi paparan asap kebakaran hutan

  • Tetap di dalam rumah sebisa mungkin. Pendekatan ini paling berguna pada bangunan yang secara efektif menghentikan udara luar masuk ke dalam. Jika Anda perlu bepergian dengan mobil untuk meninggalkan atau mengevakuasi area yang terkena asap kebakaran, gunakan penjernih udara mobil untuk membantu menjaga kebersihan udara interior kendaraan saat Anda melewati area berasap atau berpolusi.

  • Kenakan masker di luar ruangan. Gunakan hanya masker respirator dengan peringkat N95, KN95, atau N100 untuk membantu.

  • Pertahankan lingkungan udara bersih di dalam rumah Anda. Partikel dan gas asap kebakaran hutan dapat dengan cepat menumpuk di dalam rumah Anda. Tutup jendela dan tutup semua bukaan di luar, termasuk ventilasi. Saat menggunakan AC, pastikan untuk mengaturnya agar bersirkulasi ulang dan menutup pemasukan udara segar. Saring udara saat memberi ventilasi pada ruangan. Penjernih udara berkinerja tinggi untuk asap api, akan membantu menghilangkan partikel asap dari semua ukuran dari udara dalam ruangan dan membantu mengontrol tingkat ozon. Ini penting jika Anda tinggal di daerah perkotaan melawan arah angin (bahkan dari jarak jauh) dari kebakaran hutan.

  • Hindari aktivitas yang semakin mencemari udara dalam ruangan. Hindari membakar lilin, menggunakan perapian, atau bahkan menyedot debu kecuali Anda memiliki penyedot debu HEPA berperforma tinggi. Semua aktivitas ini sebaliknya dapat menjadi sumber tambahan pencemar udara dalam ruangan. Gunakan monitor kualitas udara untuk melacak tingkat polutan dalam ruangan seperti PM2.5 dan CO2 dari asap dan sumber polusi dalam ruangan lainnya. Ambil tindakan jika polutan udara dalam ruangan naik ke tingkat yang berbahaya dengan menjalankan pembersih udara, mengedarkan udara segar melalui sistem HVAC Anda, atau meninggalkan rumah Anda untuk sementara jika udara dalam ruangan menjadi tidak aman untuk dihirup atau rumah Anda terancam kebakaran hutan.

  • Gunakan aplikasi pemantauan kualitas udara untuk melacak polutan di lingkungan Anda. Pemantau udara AirVisual mengungkapkan data hiperlokal waktu nyata dari lebih dari 80.000 sensor di seluruh dunia. Aplikasi ini melacak hingga enam polutan kebakaran hutan utama, seperti PM2.5, CO2, dan NO2, sehingga Anda memiliki gambaran terbaik tentang kualitas udara lokal selama kebakaran hutan dan dapat mengambil tindakan untuk membantu melindungi kesehatan Anda.

Kebakaran hutan meningkat dalam frekuensi dan intensitas. Asap api dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda, bahkan jika Anda berada jauh dari api yang sebenarnya. Belajar untuk melindungi kesehatan diri Anda dan keluarga Anda, dan yakinlah bahwa Anda telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Selama kebakaran hutan, penting juga untuk memantau kualitas udara lokal Anda untuk melihat bagaimana asap kebakaran akan memengaruhi udara luar Anda.

Bawa pulang

Sementara asap api mungkin merupakan tanda peringatan akan terjadinya kebakaran, asap juga memberikan risiko tersendiri bagi orang-orang yang tinggal beberapa kilometer dari sumbernya. Meskipun polutan asap yang terbawa angin mungkin tidak terlihat, dampaknya dirasakan oleh mereka yang paling berisiko. Polutan asap menimbulkan ancaman kesehatan yang berkisar dari iritasi dan batuk hingga risiko pernapasan dan jantung yang lebih serius.

Dengan membantu mengendalikan polutan asap yang mengancam kualitas udara dalam ruangan kita melalui pemantauan dan pemurnian udara, mungkin untuk membantu mengelola risiko kesehatan asap kebakaran hutan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Risiko Asap Kebakaran Hutan dan Tipsnya. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Bagikan Halaman:
Tanyakan Solusi Pemadam Kebakaran Anda Kepada Kami. Hubungi Kami