Upaya Pencegahan Sebelum Terjadi Kebakaran

Upaya Pencegahan Sebelum Terjadi Kebakaran

Upaya Pencegahan Sebelum Terjadi Kebakaran

Pentingnya Upaya Pencegahan Kebakaran

Kebakaran yang terjadi pada lingkungan masyarakat bisa dicegah. Untuk mengetahui cara yang tepat untuk mencegah terjadinya kebakaran, simak berikut ini!

Kebakaran yang terjadi pada gedung seperti pusat perbelanjaan, pasar, toko dan lainnya sangat banyak. Kasus kebakaran ini tampak sering terjadi dan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi orang di sekitar kebakaran. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kebakaran. Sangat berbahaya sekali jika tidak diberikan Tips mencegah kebakaran.

Tips mencegah kebakaran yang bisa dilakukan dengan kerja sama antara warga dan tim keamanan. Hal yang mendasar tersebut harus dipikirkan secara matang agar mendapatkan upaya yang maksimal. Konsepnya bisa berisi tentang hal yang tidak boleh dilakukan agar tidak menyebabkan kebakaran.

Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Pada Gedung

Memudahkan semua anggota dan petugas untuk mencegah terjadinya kebakaran, maka harus dibuat larangan. Mengambil larangan yang akan dipasang pada pusat perbelanjaan, mall, pasar, gedung dan lainnya. Semua larangan mengarah pada Tips mencegah kebakaran. Berikut adalah larangan yang wajib ada.

1. Dilarang membuat puntung rokok sembarangan

Puntung rokok masih memiliki percikan api, tentu saja apabila mengenai sampah kertas api akan menyala lebih besar. Bila skala sampah kertas yang berada pada pusat perbelanjaan atau dimana saja banyak, maka akan menjadi kebakaran hebat. Menyeramkan sekali karena merugikan bagi semua orang. Sebagai orang perokok wajib merokok pada tempat yang disediakan. Membuang puntung rokok dan memastikan tidak api lagi pada puntung.

2. Pengecekan alat pemadam otomatis secara berkala

Alat pemadam otomatis akan berfungsi dengan cepat jika ada asap yang berada di dalam gedung. Kondisi alat pemadam otomatis bisa rusak dan mengalami kemacetan, maka anda harus mengeceknya secara berkala. Bila alat pemadam otomatis rusak, api tidak bisa dipadamkan dan kebakaran hebat akan terjadi lagi. Tips mencegah kebakaran dengan melakukan pengecekan alat pemadam otomatis dilakukan pada setiap bulan, biar akurat dan mengetahui kondisinya.

3. Menjaga sumber dan aliran listrik

Sumber listrik bila terkena air akan rusak, bila terkena benda seperti kertas akan mudah terbakar. Api akan merambat dari sumber air ke seluruh ruangan. Menjaga aliran listrik seperti kabel yang rusak harus diganti lagi dengan kabel baru. Kabel yang rusak dapat dengan mudah mengalirkan listrik pada benda lainnya.

4. Menjaga alat dapur tetap aman

Pada pusat perbelanjaan pasti ada toko makanan yang memiliki dapur. Pada proses memasak, maka dibutuhkan gas dan kompor. Alat tersebut harus anda jaga agar tetap aman dan tidak meledak. Terdapat banyak kasus kebakaran yang berasal dari tabung gas.

Sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya kebakaran. Lebih baik mencegah daripada memadamkan kebakaran. Tips mencegah kebakaran akan meminimalisir kebakaran yang terjadi sehingga dampak dari terjadinya hal itu bisa dikurangi. Upaya pencegahan berperan penting dalam mengendalikan hal yang perlu diperhatikan oleh semua orang pada pusat perbelanjaan, gedung, pasar dan lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Upaya Pencegahan Sebelum Terjadi Kebakaran. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Bagikan Halaman:
Tanyakan Solusi Pemadam Kebakaran Anda Kepada Kami. Hubungi Kami