Kebakaran Pompa Motor: Karakteristik, Perangkat. Jenis Pompa Motor Kebakaran

Kebakaran Pompa Motor: Karakteristik, Perangkat. Jenis Pompa Motor Kebakaran

Kebakaran Pompa Motor: Karakteristik, Perangkat. Jenis Pompa Motor Kebakaran

Biasanya, pompa motor dikaitkan dengan dukungan komunikasi untuk kebun dan lahan pertanian. Mereka berhasil digunakan dalam organisasi sistem irigasi dan irigasi, dan juga mengandung untuk pemompaan air yang efektif selama banjir basement dengan air yang meleleh. Selain itu, peralatan tersebut memungkinkan Anda mengatasi kebakaran. Sistem teknis untuk pasokan air jarang digunakan untuk tujuan pemadaman api, tetapi dalam hal ini desain memungkinkan melakukan tugas-tugas seperti itu karena mobilitas dan tekanan yang cukup. Pada saat yang sama, pompa motor api, foto yang disajikan di bawah ini, memiliki beberapa jenis dan indikator kinerja yang berbeda.

Lingkup operasi unit

Unit-unit tersebut dapat digunakan baik di rumah tangga pribadi maupun di utilitas umum untuk bangunan, serta di area yang sangat khusus. Sehubungan dengan kebutuhan individu, sistem sering mengandung untuk memastikan perlindungan rumah dan bangunan di sekitarnya dari kemungkinan kebakaran - terutama ketika datang ke bangunan kayu. Dalam pelayanan publik, penggunaan pompa motor kebakaran sering dikurangi untuk memerangi konsekuensi dari banjir darurat. Fungsi ini tidak dapat dikecualikan dalam rumah tangga pribadi, di mana mungkin ada kebutuhan untuk memompa air dari ruang bawah tanah dan sumur.

Adapun daerah yang lebih khusus, adalah mungkin untuk membedakan operasi penyelamatan, penggalian arkeologi, pemeliharaan kapal, dan, tentu saja, pekerjaan dinas pemadam kebakaran. Dengan kata lain, di mana pun proteksi kebakaran atau pemompaan air diperlukan, pompa kebakaran dengan satu atau lain cara dapat bermanfaat. Peralatan harus dipilih sesuai dengan beberapa kriteria, sehingga selama operasi tidak ada indikator kinerja yang akan melanggar fungsi unit.

Perangkat dan prinsip pengoperasian pompa motor kebakaran

Pompa motor menunjukkan contoh peralatan yang agak sederhana, tetapi pada saat yang sama produktif. Dasar dari unit ini adalah sekelompok pompa - mesin, yang tertutup dalam kasus khusus atau dilindungi oleh struktur rangka. Dalam hal ini, pompa dapat terdiri dari roda dan sudu. Pada saat meluncurkan peralatan di bawah aksi gaya sentrifugal, rotasi bilah dimulai. Hal ini mengarah pada pergerakan cairan yang disembuhkan melalui selang - biasanya disediakan “selongsong” saluran masuk dan keluar. Yang juga perlu diperhatikan adalah fungsi katup periksa, yang dilengkapi dengan pompa motor pompa kebakaran. Instruksi untuk pompa jenis ini menekankan risiko pekerjaan mereka “saat kering”. Untuk mencegah mode operasi seperti itu, disediakan katup yang menunda cairan di dalam peralatan. Operasi berhenti ketika transfer air selesai.

Kinerja dasar

Tinjauan data teknis pompa motor harus dimulai dari nilai ketinggian. Dari parameter ini tergantung pada kemungkinan menggunakan peralatan, misalnya, dalam perang melawan kebakaran hutan atau kebakaran di gedung bertingkat tinggi. Untuk tujuan seperti itu, gunakan unit dengan ketinggian pengangkatan minimal 16 m. Perlu dicatat bahwa model modern untuk sebagian besar menyediakan pengangkatan setidaknya 20 m.

Indikator penting lainnya adalah kinerja. Seharusnya tidak bingung dengan ketinggian pengiriman air, karena dalam beberapa kasus volume pembawa yang dikirim oleh pompa motor pompa kebakaran jauh lebih penting. Karakteristik dalam kisaran indikator ini dari 900 hingga 1 800 l / mnt. Di sini harus dicatat dan kekuatan, yang menentukan kemungkinan memasok air dalam volume yang berbeda. Tingkat awal diwakili oleh unit 4.000-5.000 W, sedangkan model dengan produktivitas tinggi biasanya memiliki 9.000 watt atau lebih. Tetapi penting untuk dipahami bahwa potensi daya yang besar tidak berarti sama sekali keuniversalan peralatan. Tentu saja, penggunaan model seperti itu ketika bekerja sebagai instalasi irigasi di ladang jelas dan tenaga rendah dalam hal ini akan sia-sia. Tetapi untuk menyelesaikan tugas penyiraman di area kecil, misalnya, sangat mungkin dilakukan dengan perangkat dengan level awal indikator kinerja.

Spesifikasi Konstruksi

Seperti disebutkan di atas, alas dalam bentuk motor dan pompa dapat memiliki kerangka dari jenis yang berbeda. Dalam versi paling sederhana, ini adalah struktur rangka logam yang andal, yang melindungi komponen dan rakitan dari getaran getaran yang kuat. Tingkat perlindungan yang lebih besar disediakan oleh kasing tertutup, tetapi dalam kasus ini akses ke mekanisme yang sama menjadi lebih sulit jika diperlukan perbaikan. Juga, pompa motor pemadam dilengkapi dengan tangki bahan bakar. Tangki ini harus dipertimbangkan tidak hanya sebagai tambahan wajib untuk unit daya, karena kapasitasnya menentukan kemampuan model tertentu untuk bekerja tanpa gangguan untuk pengisian bahan bakar. Interval kerja yang agak panjang disediakan oleh pompa motor dengan tangki hingga 6 liter. Karakteristik outlet, yaitu soket, di mana air melewati pompa. Biasanya parameter ini 10 cm, yang cukup untuk memastikan kinerja rata-rata dengan tekanan yang baik.

Pasokan filter

Sebagian besar pompa motor modern memiliki jaringan filter khusus dalam konstruksinya, yang dipasang pada selang hisap. Penting untuk dicatat bahwa ukuran sel dalam penghalang tersebut menentukan fraksi partikel yang dapat masuk ke pompa. Dan dalam konteks ini, ada baiknya mempertimbangkan desain pompa pemadam kebakaran dari sudut pandang desain pompa. Itu bisa diafragma (dengan adanya selaput) atau sentrifugal dengan roda terbuka. Dalam perwujudan pertama, peralatan dapat digunakan untuk bekerja dengan sumur tinja, dalam mentransfer media krim, limbah ternak, dll. Jika diafragma jenis NBR digunakan, penggunaan peralatan untuk melayani produk minyak bumi gelap diperbolehkan. Sebenarnya, persyaratan utama untuk lingkungan kerja adalah tidak adanya pengaruh kimia agresif yang dapat menyebabkan bagian pompa pompa mengalami deformasi atau kerusakan.

Klasifikasi berdasarkan jenis cairan servis

Kemungkinan pengoperasian pompa motor dengan berbagai jenis media harus dipertimbangkan secara terpisah, karena ini adalah salah satu parameter utama pilihan. Sebagai standar, unit ini mampu menjaga air bersih dan sedikit tercemar. Sebagian besar perangkat dirancang untuk penggunaan domestik - dalam hal ini, ukuran optimal dari partikel yang ditransmisikan tidak melebihi 5 mm. Model-model tersebut berfungsi dengan baik dalam memasok air bersih, tetapi tidak cocok untuk operasi sebagai sistem irigasi di wilayah yang luas. Tipe kedua adalah teknik yang mampu memompa air yang terkontaminasi dengan percaya diri. Dalam hal ini, cairan mungkin mengandung pasir dan kerikil kecil. Ini mungkin pompa motor kebakaran besar, yang beratnya lebih dari 100 kg. Sebuah pompa sentrifugal dalam desain ini memungkinkan benda-benda berukuran hingga 2, 5 cm untuk melewatinya. Unit yang sangat tangguh bahkan bekerja dengan cairan agresif, termasuk alkali, air garam, dan media dengan viskositas tinggi. Jelas bahwa untuk kebutuhan seperti itu, disediakan pompa khusus, terbuat dari bahan yang tahan lama dan tahan aus.

Klasifikasi mesin

Perangkat diesel dan bensin yang paling luas, yang digunakan dalam menyelesaikan tugas paling penting. Perlu dicatat bahwa tujuan dan jenis pompa kebakaran dari sudut pandang unit daya peralatan saling terkait erat. Sebagai contoh, kinerja tinggi disediakan oleh mesin diesel - masing-masing, perangkat tersebut terlibat dalam pemeliharaan lahan pertanian dan dukungan teknis dari stasiun pemadam kebakaran. Pompa bensin lebih sering digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Dalam versi standar, ini adalah instalasi kecil, yang ditandai dengan daya dan kinerja rata-rata. Namun dalam hal perawatan, opsi ini lebih sederhana daripada diesel. Pompa motor pada kumparan listrik hanya digunakan jika tidak mungkin menggunakan unit dengan gas buang - sebagai aturan, di ruangan tertutup.

Akomodasi pompa motor

Sebagian besar pendekatan untuk memasang peralatan ini tergantung pada sifat operasi. Jika direncanakan untuk menggunakan model sebagai objek stasioner di tempat permanen, maka situs dengan akses ke sumber air awalnya dipikirkan. Persyaratan untuk permukaan instalasi relevan dalam semua kasus - harus memiliki pendekatan gratis, datar dan dibersihkan dari benda asing. Disarankan juga bahwa lokasi pemasangan tidak lebih tinggi dari 3 m relatif terhadap ketinggian sumber air, tergantung pada versinya, pompa kebakaran mungkin memerlukan pengisian air awal ke bagian pompa. Selain itu, penempatan selang harus disediakan. Mereka harus dapat diakses oleh pengguna dan dilindungi dari pengaruh eksternal.

Aturan pengoperasian

Pekerjaan harus dimulai hanya setelah memeriksa semua koneksi pompa motor - baik pada selang keluar dan pada "selongsong" saluran masuk. Anda juga perlu memeriksa status filter. Jika tersumbat secara berlebihan, disarankan untuk membersihkannya, jika tidak ada risiko deformasi membran. Pengoperasian yang tepat dari pompa pemadam kebakaran sesuai dengan instruksi dan memberikan pemantauan yang cermat terhadap mesin dalam proses penyediaan air. Setelah memompa keluar, perlu untuk membersihkan rongga terbuka unit pompa dari kotoran dan memeriksa integritas "selang".

Kesimpulan

Unit dalam kategori awal memungkinkan Anda untuk secara efektif mengatasi berbagai tugas rumah tangga yang memerlukan penanganan air. Perwakilan segmen yang lebih terhormat digunakan dalam kebutuhan profesional untuk memadamkan kebakaran dan melakukan tindakan irigasi. Agar pompa motor pompa kebakaran tidak mengecewakan dengan kemampuannya selama operasi, pada awalnya perlu untuk menentukan berbagai fungsi yang akan dilakukannya. Daftar karakteristik dasar dalam bentuk kinerja, daya, dan ukuran selang standar memungkinkan Anda membentuk gagasan tentang potensi kerja unit. Tetapi jangan abaikan kriteria pemilihan sekunder - seperti perangkat bingkai dan volume tangki bahan bakar.

Sumber: thehouseofchronic.com

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Kebakaran Pompa Motor: Karakteristik, Perangkat. Jenis Pompa Motor Kebakaran. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:

Email: sales@swb.co.id

Telepon: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 823 8678 7772 / Whatsapp

Bagikan Halaman:
Tanyakan Solusi Pemadam Kebakaran Anda Kepada Kami. Hubungi Kami