Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran yang Perlu Anda Ketahui

Alat pemadam kebakaran ternyata memiliki sejarah tersendiri yang berkembang dari masa ke masa hingga sekarang.

Sejarah alat pemadam kebakaran memang perlu untuk Anda ketahui seiring dengan semakin banyaknya pengguna alat pemadam kebaran di dunia. Dari waktu ke waktu alat pemadam kebakaran terus mengalami perkembangan dan terus menjadi lebih baik.

Bahkan kini di masing-masing negara sudah dibuat peraturan mengenai standarisasi alat pemadam kebakaran. Dengan peraturan tersebut akhirnya berdampak pada spesifikasi alat pemadam kebakaran yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Mengenal Sejarah Alat Pemadam Kebakaran yang Perlu Anda Ketahui

Alat pemadam kebakaran kini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari alat pemadam kebakaran otomatis, portable dan lain sebagainya. Masing-masing alat pemadam tersebut memiliki fungsi yang berbeda dimana sebelumnya alat pemadam kebakaran dikembangkan dari alat pemadam kebakaran tradisional.

Untuk menambah wawasan Anda perlu diketahui bahwa alat pemadam kebakaran memiliki sejarah yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sejarah alat pemadam kebakaran dimulai pada zaman dahulu dimana alat pemadam tersebut menggunakan model Alexandria. Model tersebut sebetulnya dibuat untuk memudahkan pemadaman api yang lebih mudah dibandingkan harus membawa air dengan menggunakan ember. Oleh karena itu alat pemadam ini dibuat berupa pompa tangan sehingga mudah digunakan.

Sejarah alat pemadam kebakaran tersebut berkembang di abad 15. Pada abad inilah alat pemadam semakin berkembang dengan adanya teknik penyemprotan dengan menggunakan alat yang hampir mirip pompa sepeda. Sebelumnya pada tahun 1666 alat pemadam ini sudah digunakan untuk memadamkan kebakaran hebat di London dan akhirnya terus digunakan oleh banyak orang.

Sejarah alat pemadam ini kian berkembang di tahun 1819 dimana ada seorang Kapten bernama Geoge Many yang berhasil menciptakan alat pemadam kebakaran ringan versi modern. Alat pemadam modern ini dibuat dengan menggunakan kapal tembaga lalu disemprotkan dengan larutan kalium karbonat menggunakan kompresi udara. Selanjutnya alat pemadam kebakaran terus berkembang hingga tahun 1912 munculah alat pemadam yang terbuat dari bahan karbon tetraklorida dan cocok untuk memadamkan api dari cairan atau listrik.

Karena alat pemadam kebakaran dari bahan karbon tetraklorida dianggap berbahaya, selanjutnya alat pemadam ini dihentikan. Terlebih dengan adanya korban yang meninggal dunia karena penggunaan bahan ini yang ternyata sangat beracun. Meskipun begitu sejarah alat pemadam kebakaran terus berkembang hingga pada abad ke-20.

Pada abad ke-20 alat pemadam kebakaran dibuat dari bahan yang lebih aman serta berbagai model. Pastinya alat pemadam kebakaran dibuat menggunakan pompa tekanan tinggi agar mampu memadamkan api secara lebih cepat. dengan bahan yang lebih bervariasi pastinya alat pemadam bisa mengatasi kebakaran secara lebih efektif sesuai dengan kondisi lingkungan dan penyebab kebakaran tersebut.

Bagi Anda yang penasaran dengan alat pemadam kebakaran sebaiknya ketahui sejarah alat pemadam kebakaran untuk menambah wawasan Anda. Alat pemadam yang saat ini sering digunakan ternyata sudah mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga akhirnya menjadi alat pemadam yang modern dan aman seperti sekarang ini.

Thats the brief for Sejarah Alat Pemadam Kebakaran. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us