Komponen Fire Alarm System

Komponen Fire Alarm System

Komponen Fire Alarm System

Sistem Fire Alarm berfungsi untuk mendeteksi dan memberi sinyal atau tanda secara dini bila terjadi kebakaran sehingga dapat ditanggulangi secara cepat. sehingga kerugian material dapat ditekan lebih rendah dan yang sangat penting adalah tidak menimbulkan/meminimalkan korban manusia pada bencana kebakaran


Fire Alarm Control Systems terdiri dari komponen sebagai berikut:

  • Initiating Devices (IDC); peralatan yang mendeteksi permulaan kebakaran seperti smoke detector, ROR detector, Fixed Heat detector, Manual Call Point/ Break Glass, Beam Detector dan lainnya. Ada dua macam tipe IDC yaitu konvensional dan intelligent.
  • Notification Appliances Devices (NAC); peralatan yang memberikan peringatan sebagai efek dari adanya deteksi kebakaran seperti bell, lampu, horn.
  • Master Control Fire Alarm (MCFA); peralatan yang mengolah masukan dari IDC dan memberikan keluaran kepada NAC. Ada dua macam tipe MCFA yaitu konvensional dan intelligent.
  • Voice Control Systems ; peralatan yang digunakan sebagai media komunikasi antara operator dengan petugas di lapangan atau sebagai media komunikasi melalui suara seperti Telephone Stations, Emergency Voice Evacuation.
  • Annunciator Systems ; peralatan yang digunakan sebagai penghubung antara operator dengan CPU-MCFA atau dengan pengertian lain, sebagai media komunikasi antara CPU-MCFA dengan manusia seperti ONYX FirstVision, LCD-160 dan mimic Panel.
  • Network Systems; sistem yang digunakan dalam sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa MCFA dan setiap MCFA dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.

Fire Alarm Control System dapat didekati melalui 2 macam teknologi : 

  •  Sistem Konvensional ; sistem pendeteksi kebakaran yang memanfaatkan perubahan thermal atau tegangan atau mendeteksi langsung perubahan keadaan detektor yang berada di lapangan.
  •  Sistem Intelligent ; sistem pendeteksi kebakaran yang memanfaatkan proses perubahan thermal atau tegangan secara elektronik seperti ”thermal integrated circuit” dan akan diperoleh hasil lebih akurat, dapat dilakukan penyesuaian serta dapat diketahui keadaan aktual.

 Sistem Intelligent terbagi 2 macam :

  • Full Addressable : sistem ini memberikan ”alamat” atau ”address” pada seluruh IDC sehingga dapat diperoleh keadaan detail baik dari area atau IDC itu sendiri yang menggunakan IDC tersebut. IDC sering kita kenal dengan ”detektor addressable”
  • Semi Addressable : sistem ini menggunakan modul yang diberi alamat dimana masing-masing modul mewakili suatu daerah (zone) yang dipasangi oleh detektor konvensional. Kapasitas detektor konvensional yang dapat ditampung oleh sebuah modul pada umumnya mengambil patokan dari smoke detector dan kapasitas smoke detektor tersebut bergantung dari tipe dan vendor yang mengeluarkan detektor tersebut. 

Thats the brief for Komponen Fire Alarm System. If you need Fire Pump, Fire Hose, Fire Fighting Accessories, Repair, Maintenance and Sparepart, please contact us via:

Email: sales@swb.co.id

Phone: +62 877 9019 6185/ +62 821 7174 8877 / +62 811 7554 885 / Whatsapp

Share Page:
Contact Us For Your Firefighting Solution. Contact Us